Dalam kalender akademik sekolah tahun pelajaran 2018-2019 .SMK Negeri 1 Surabaya melaksanakan Sosialisasi Program Kegiatan sekolah kepada orang tua murid. Pelaksanaan ini dilaksanakan secara bertahap. Jumat, 20 Juli 2018 Gelombang 1 Jam 12.30 s/d 14.30 Kelompok Bisnis Menejemen, dan Gelombang 2 Jam 15.00 s/d 17.00 Kelompok Teknologi Informasi , Seni dan Pariwisata sosialisasi program ini terlebih dahulu disampaikan kepada orang tua peserta didik kls X.

Sosialisasi ini, memaparkan tentang Visi-Misi Sekolah dan Program Kerja Sekolah yang disampaikan oleh Kepala Sekolah didampingi  Komite Sekolah).

Kegiatan ini sangat penting sebagai awal hubungan kerjasama antara sekolah dan guru, mensinergikan pendekatan pembinaan pada anak demi tercapaiannya tujuan pendidikan maupun pembinaan akhlak peserta didik.

Diperlukan jalinan kerjasama yang baik antara sekolah (dalam hal ini adalah guru) dan orang tua untuk meningkatkan hubungan positif antara guru dan peserta didik. Sikap orang tua dan guru yang sama terhadap pembelajaran anak akan memberikan teladan yang baik bagi anak. Orang tua dan guru perlu selalu mengkomunikasikan sikap dan reaksi anak sehingga anak akan merasa di dukung dan bisa menunjukkan reaksi yang jelas, terdorong untuk meningkatkan kemampuan, bertanggung jawab, merasa aman dan senang, dewasa dan mandiri.

Kerjasama orang tua secara aktif dengan sekolah bergantung pada minat, kemampuan, kesempatan, dan motivasinya. Pembelajaran akan berlangsung baik jika ada kerjasama antara orang tua dan guru. Namun keberhasilan pendidikan dan pembinaan akhlak peserta didik, bagaimana pun akan berpulang pada bagaimana orang tua melakukan pendidikan dan pembinaan anaknya di rumah.

Bila kerja sama antara guru dan orang tua sudah terjalin bagus akan memberikan kemudahan untuk mencari solusi dan menyamakan langkah dalam membimbing anak dalam mencapai masa depan.