Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Club STIE Perbanas Surabaya menjaring siswa Jawa Timur agar mahir berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Melalui kegiatan Perbanas Amazing Newbie English Debate Competition (PANDCO) 2019, langkah ini dilakukan agar Bahasa Inggris menjadi bahasa yang disukai para siswa.

Bertempat di Auditorium Kampus 1 STIE Perbanas Surabaya, puluhan siswa dari berbagai daerah di Jawa Timur ini mengasah kemampuan Bahasa Inggrisnya di hadapan para juri. Manajer English Club STIE Perbanas Surabaya, Rachel Reyka Agapsta, mengatakan kompetisi ini senantiasa diselenggarakan setiap tahun UKM English Club.

PANDCO ini digelar dalam rangka memfasilitasi para siswa SMA/SMK/MA sederajat agar bisa belajar berargumen dan beropini dengan Bahasa Inggris. ”Kami sangat-sangat membuka pintu lebar-lebar bagi newbie atau pemula,” jelasnya disela-sela kompetisi.

Di ajang lomba ini, siswa diajak untuk berani berargumen tentang tema yang diusung penyelenggara, yakni “ Build Digital Economy To Face Global Competition”. Tema ini diusung karena para pemuda harus berani menyalurkan gagasan dalam membangun Ekonomi Ekonomi Digital Untuk Menghadapi Persaingan Global. Adapun siswa yang ikut lomba ini berasal dari Surabaya, Gresik, Malang, Kediri, dan kota lainnya.

Babak final pun berlangsung sangat seru. Alhamdulillah anak SMK Negeri 1 Surabaya  memperoleh peringkat 3 dan Best Speaker diterima oleh Adelia Citra XI AKL 1 siswa SMK Negeri 1 Surabaya dlm lomba Debat Bahasa Inggris di Perbanas. Hadiah berupa trophy, sertifikat dan uang tunai senilai Rp 1.500.000 dan Rp 500.000 untuk best speaker