LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK Wilker 1 yang menjadi agenda tahunan diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan dan kompetensi guna menepis anggapan tentang lulusan SMK yang tidak siap kerja.
"Moment ini harus jadi pembuktian akan stigma yang berkembang tentang SMK yang lulusannya banyak menjadi pengangguran,"
Oleh karena itu para kepala sekolah SMK harus giat melakukan promosi ke bursa kerja."Jadi seorang kepala sekolah SMK itu beda dengan kepala sekolah SMA, harus bisa secara umum secara meluas menjual lulusannya itu dengan kualitas dan siap dengan tenaga-tenaga potensial,"
Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya untuk melengkapi segala sarana dan prasarana dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi siswa SMK.
LKS 2019 Wilker 1 yang dipusatkan di Kabupaten Bojonegoro tersebut diikuti peserta SMK dari Wilayah Kerja 1 Jawa Timur dengan diikuti peserta LKS Wilker 1 dengan antosias
Sebelum mengikuti LKS tingkat Jatim, para peserta harus mengikuti tahapan seleksi yang digelar di empat koordinator wilayah (Korwil) dengan mengambil lima peserta terbaik di masing-masing korwil. Dan peserta yang terbaik dalam LKS level Jatim ini, akan dilombakan di tingkat nasional.

Pembimbing  Dra. Dwi Sudarwati  Peserta LKS Wilker 1  Adinda Selvina Adhani Bidang Lomba Billingual Secretary Juara 1 ( Satu)

Pembimbing  Pudji Prihastuti SPd  Peserta LKS Wilker 1  Ananda Faticha Putri Bidang Lomba  Akuntansi

Juara 1 (Satu)

Pembimbing Lukman Sholeh S.Kom. Peserta LKS Wilker 1  Muhammad Maulana Bahrul Ulum Putra Anang Erniawan Bidang Lomba IT Software Solution for Bussiness Juara 2 (Dua )

Pembimbing  Suratman, SST, SPd  Peserta LKS Wilker 1  Denassyah Nur Rohman Bidang Lomba IT Networking System Administration  Juara 3 (Tiga)

Pembimbing  Sri Retna Pratiwi, SST, MPd  Peserta LKS Wilker 1  Reza Athallah Rasendriya  Bidang Lomba  Web Technology  Juara  Harapan 1

Pembimbing  Lintang Novela Rosada, SPd Peserta LKS Wilker 1 Ravly Ade Widhyadhana Bidang Lomba

3D Game Art Textile  Juara 1 ( Satu)

Pembimbing  Drs.M. Naim Hadi, MPd Peserta LKS Wilker 1  Mochammad Adi Surya Saputra  Bidang Lomba

Hotel Accomodation Juara  Harapan 2

Pembimbing  Al Lukman Arief Prayogo, S.Ds  Peserta LKS Wilker 1  Vandhu Hidayat  Bidang Lomba  Graphic Design Technology  Juara  Harapan 2

Pembimbing  Labib,S.Pd, MM &  Sujono,S.Pd, MM Peserta LKS Wilker 1  TIM Bola Volly Putri SMK Negeri 1 Surabaya Bidang Lomba Bola Volly Putri Juara 2