Peningkatan sumber daya manusia terutama lulusan SMK dituntut untuk memiliki kompetensi dan daya saing yang layak untuk berkontribusi di dunia usaha dan industri. SMK Negeri 1 Surabaya sebagai sekolah menengah kejuruan sangat memperhatikan hal tersebut. Demi memastikan hal tersebut, segala persiapan baik didalam pembelajaran dikelas maupun diluar telah disiapkan.

Bentuk kesiapan SMK Negeri 1 Surabaya dalam menjamin kompetensi siswa yaitu dengan melaksanakan kegiatan Pra LSP. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga standart kompetensi siswa disetiap jurusan sehingga diharapkan semua siswa dapat lulus dalam Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan hasil yang memuaskan.

Salah satu jurusan yang telah melaksanakan kegiatan Pra-LSP adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dalam kegiatan tersebut siswa diharuskan untuk membuat program mulai dari membuat perencanaan dalam bentuk algoritma dan flowchart, menuliskan kode – kode pemrograman hingga akhirnya menjadi program yang siap digunakan.

Kegiatan Pra LSP, Bentuk Keseriusan Dalam Menjamin Kualitas Siswa   Kegiatan Pra LSP, Bentuk Keseriusan Dalam Menjamin Kualitas Siswa

“Kegiatan Pra-LSP ini sangat baik dan perlu dilakukan, setiap tahunnya. Melalui kegiatan ini dapat diketahui kesiapan siswa dalam menghadapi Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) yang akan dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Hal ini dapat dijadikan acuan oleh bapak ibu – guru nantinya sebagai bahan pertimbangan dalam mengajar untuk menentukan materi apa yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk diajarkan didalam kelas”, Ujar Guru Produktif Rekayasa Perangkat Lunak.