Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya. Sekolah akan mengupayakan terlaksananya program Prakerin SMK ini demi meningkatkan keterampilan siswa di bidangnya.

Prakerin SMK ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan mutu siswa SMK sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya dan memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat. Sekolah mewajibkan program prakerin bagi para siswa dalam jangka waktu tertentu. Pelaksanaan Prakerin SMK dapat diselenggarakan dengan baik maka diperlukan adanya pembekalan untuk siswa.

SMK Negeri 1 Surabaya mengadakan acara pembekalan Praktek Kerja Industri pada Selasa (20/09/2022) di Aula dan Vicon, jurusan RPL, TKJ, MM , DKV, PH, dan BDP di Aula sedangkan yang di ruang Vicon jurusan PSPT. Acara pembekalan tersebut dibagi menjadi 3 gelombang.

   

Wakil Kepala SMK Negeri 1 Surabaya bidang Humas, Dra. Sri Retna Pratiwi, S.ST, M.M. menekankan untuk menjaga soft skill saat berada di dunia usaha/industri selain mempersiapkan hard skill.

SMK Negeri 1 Surabaya juga mengundang beberapa  narasumber dari setiap jurusan dari dunia usaha/industri .

Dalam program ini, para siswa diberikan bekal ilmu pengetahuan dasar supaya meminimalisir kendala saat penerapan bekerja. Program ini dilaksanakan agar siswa lebih siap untuk bekerja di lapangan dan juga dapat mempraktikkan teori yang sudah dipelajari di sekolah. Dengan begitu, ketika lulus nanti, siswa dapat beradaptasi lebih cepat dengan dunia kerja.