Tahun Ajaran 2017/2018 terjadi perubahan teknis pembayaran SPP Sekolah, yang sebelumnya bisa di setorkan melalui Bank Mini Sekolah (BMS) dan selanjutnya penyetoran uang SPP hanya bisa di setorkan melalui Bank JATIM. SMKN 1 Surabaya bekerja sama dengan pihak Bank JATIM untuk pengelolaan SPP. Tim Bank Jatim datang ke SMKN 1 Surabaya untuk Sosialisasi Cara pembayaran SPP Online kepada seluruh siswa. Sistem pembayaran yang dimaksud yaitu bernama Program Non House to house. Maksudnya siswa tidak dikenakan biaya administrasi saat transfer atau setor ke teller Bank Jatim. Adapun terdapat 3 cara pembayaran sistem SPP online yaitu :

1. Pembayaran langsung datang ke Cabang Bank Jatim terdekat dengan membawa identitas Nama Siswa, Kelas dan Nomor Id_Payment. cara ini siswa tidak harus mempunyai rekening Bank Jatim.

2. Pembayaran melalui ATM Bank Jatim dengan cara pilih menu Non House to House. cara ini tentunya siswa harus mempunyai rekening di Bank Jatim.

3. Pembayaran melalui SMS Banking atau M-Banking. cara ini tentunya siswa harus mendownload aplikasi SMS Banking atau M-Banking melalui PlayStore dan harus mempunyai rekening di Bank Jatim.

Untuk Id_Payment akan diberikan sekolah sesuai dengan NIS yang ada. Apabila siswa ingin membuka rekening baru, bisa melampirkan foto copy KSK atau Akte Kelahiran

(Foto Selengkapnya ada di Galeri)