SMK Negeri 1 Surabaya terus mempercantik diri menjelang detik-detik upacara bendera 17 Agustus 2017. Pagi ini suasana SMK Negeri 1 Surabaya  ramai oleh aneka bendera dan hiasan warna merah-putih. Barisan siswa – siswi sudah tertata rapi. Upacara tahun ini mengusung tema "Indonesia Kerja Bersama".

Tepat pukul 06.30 pagi 17 Agustus 2017 seluruh peserta yang terdiri dari siswa kelas X, siswa kelas XI dan siswa kelas XII , Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kaprog, Staf , Tata Usaha bersiap untuk memulai Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia. Bertugas sebagai inspektur Upacara  Kepala SMK Negeri 1 Surabaya Drs. Bahrun ST MM tampak siap dan tegap mengenakan jas warna hitam berdiri di atas podium.

Prosesi yang paling dinanti-nantikan peserta upacara adalah saat pengibaran bendera merah putih. Petugas pengibar bendera atau paskibraka SMK Negeri 1 Surabaya yang telah terpilih melalui proses seleksi. Proses pengibaran bendera merah putih diiringi musik Indonesia Raya yang dimainkan oleh siswa siswi SMK Negeri 1 Surabaya mengundang decak kagum para peserta upacara.

Susunan acara selanjutnya yakni amanat dari inspektur Upacara. Dalam pidatonya Drs. Bahrun ST,MM mengatakan kini saatnya Indonesia Kerja Bersama yang bukan sama-sama bekerja sekadarnya, tetapi kita harus bisa bekerja sama dengan tanpa kenal lelah dan takut untuk menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati oleh anak cucu kita, dimulai dari memberantas kemiskinan dan kebodohan.

SMK Negeri 1 Surabaya juga berpesan kepada peserta upacara untuk bersama-sama menghasilkan kerja nyata dan mengurangi wacana tanpa makna dalam media apapun. Semangat tidak kenal menyerah, rawe-rawe rantas malang-malang putung masih relevan sebagai bagian kerja keras memerangi kemiskinan.