Pada hari Senin (4/9/2017) telah dilaksanakan Audit Surveillance  pada SMK Negeri 1 Surabaya atas penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 oleh PT Global Certification Indonesia. Audit Surveillance ini merupakan lanjutan Audit Surveillance sebelumnya, dimana SMK Negeri 1 Surabaya diwajibkan untuk menyelenggarakan Audit Surveillance secara pereodik untuk mempertahankan sertifkasi ISO 9001:2008 yang telah diperolehnya.

Pada saat opening meeting, Dra Indri MPd, selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubinmas mengatakan bahwa pelaksanaan Audit Surveillance ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana unit organisasi telah menjalankan prosedur sesuai dengan standar manajemen mutu yang telah ditetapkan, serta upaya-upaya yang telah dilakukan terkait perbaikan dan pengembangan proses bisnis untuk meningkatkan layanan kepada stake holder.

Audit Surveillance  ini dilakukan dengan mengambil sampling pada beberapa area audit yang meliputi tindak lanjut atas hasil Audit Surveillance sebelumnya, Pada acara closing meeting, Flora Dewi J selaku Auditor dari PT Global Certification Indonesia menyampaikan apresiasinya atas pencapaian SMK Negeri 1 Surabaya yang sampai saat ini masih secara konsisten dan berkelanjutan menjalankan standar manajemen mutu sesuai ISO 9001:2008, sehingga dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa sertifikasi ISO 9001:2008 yang telah diperoleh SMK Negeri 1 Surabaya dinyatakan masih berlaku. Namun demikian, Auditor menyampaikan beberapa saran perbaikan (observasi) untuk peningkatan implementasi ISO 9001:2008.