31Aug2016

Beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah membentuk sebuah lembaga beasiswa yang diberinama Lembaga Beasiswa Baznas (LBB). Lembaga ini dibentuk untuk memberikan layanan program-program beasiswa seperti pendidikan gratis bagi para mustahik. Selain itu, lembaga beasiswa ini didirikan untuk membantu pemerintah dalam memajukan pendidikan nasional dengan cara memberikan bantuan kepada pelajar yang tergolong kurang mampu dalam hal ekonomi.

 BAZNAS adalah lembaga amil zakat yang dibentuk oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden no.8 tahun 2001 yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai penghimpun dan penyalur zakat, infaq dan sedekat di tingkat nasional. Selain itu Baznas juga mempunyai misi untuk: meningkatkan kesadaran umat islam untuk berzakat melalui amil zakat; Meningkatkan penghimpunan dan pendayagunaan zakat nasional sesuai dengan ketentuan syariah dan prinsip manajemen modern; Menumbuhkan kembangkan amil zakat yang amanah, transparan, profesional dan terintegrasi; Mewujudkan pusat data zakat nasional dan Memaksimalkan peran zakat dalam menanggulangi kemiskinan di Indonesia melalui sinergi dan koordinasi dengan lembaga terkait.

"LBB ini akan mewadahi berbagai program beasiswa Baznas yang selama ini masih berjalan secara parsial". Dengan adanya LBB ini diharapkan program beasiswa dari Baznas dapat terbentuk secara profesional.

 BAZNAS sendiri mempunyai keinginan untuk dapat mendorong agar setiap keluarga di Indonesia ini yang tidak mampu (kondisi ekonomi) bisa menyekolahkan anaknya hingga lulus Perguruan Tinggi dan mendapatkan gelar Sarjana. BASNAS sendiri mempunyai target akan memberikan beasiswa kepada 2 ribu penerima manfaat tiap tahunnya. Beberapa anak yang beruntung mendapatkan beasiswa BAZNAS adalah : 1). Weni Putri Natalia kelas XII AK6, 2). Naftaline Aditya Khoirunnisya Kelas XII AK 4,   3).  Nanda Dini Pratiwi Kelas XII AK4, 4). Achmad Risky Widodo Kelas XII AK1, 5). Anggraini Dwi Prastya Aditama, 6). Oktavia Prihatiningtyas Kelas XII APK 4,   7)Puspita Arum Purbaningsari Kelas XII APK 4. Mereka mendapatkan beasiswa Rp 900.000,-


Komentar