13Nov2016

SMKN 1 Surabaya Juara 1 Olimpiade Speech Contest UNAIR

Cerita pengalaman Alif Iman Billah XI RPL 1 dan Pembimbing Bu Rona Peraih Juara 1 Olimpiade Speech Contest Hima Menejemen Kesekretariatan Dan Perkantoran Universitas Airlangga pada 11 Nopember 2017

Speech contest adalah sebuah perlombaan pidato yang melatih kemampuan seseorang untuk dapat berbicara didepan umum dan melatih kepercayaan diri untuk dapat tampil di depan umum. Kemampuan untuk berbicara di depan umum sangatlah susah untuk dilakukan terutama bagi anak-anak yang baru beranjak dewasa, umumnya mereka sulit untuk berbicara karena rasa malu yang cukup tinggi.

Tetapi dengan adanya perlombaan pidato ini banyak siswa atau siswi yang mulai berani untuk berbicara di depan umum dan kepercayaan diri mereka pun meningkat.

Dalam hal ini dapat kita lihat bahwa perlombaan pidato sangatlah berpengaruh besar dalam membentuk pribadi yang memiliki kepercayaan diri sehingga sekarang ini banyak sekolah-sekolah yang mulai membuat perlombaan ini untuk dapat membangkitkan kepercayaan diri dari anak didik mereka.

Perlombaan pidato sangat efisien untuk melatih daya ingat seseorang dan mengembangkan kreatifitas mereka dalam mengembangkan kata-kata. Dalam melakukan pidato ada beberapa cara yang harus dilakukan, seperti:

- Mempersiapkan script pidato yang akan dibicarakan

- Usahakan menghafal sehingga tidak melihat teks

- Isi pidato harus sesuai dengan tema yang ditentukan

- Perhatikan arah mata,tidak diperbolehkan melihat ke atas karena akan menunjukkan kesan menghafal

- Peserta di haruskan untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin sehingga tidak merasa gugup saat gilirannya berpidato.

Hal-hal di atas adalah salah satu cara yang harus dilakukan saat melakukan pidato. Pada saat melakukan pidato biasanya para peserta merasa gugup hal tersebut biasa terjadi, tetapi jika sikap gugup tersebut membuat seseorang sulit untuk berbicara.

Hal tersebut harus ditanggapi dengan cara berlatih memandang mata seseorang. Pelatihan tersebut sangat efektif dalam mengurangi kegugupan seseorang terutama saat melakukan pidato. Pelatihan lainnya adalah pelatihan artikulasi.

Artikulasi yang jelas akan membuat para pendengar memahami dan mengerti maksud dan tujuan dari pidato kita. Pelatihan artikulasi sangatlah penting sehingga umumnya artikulasi menjadi salah satu penilaian yang penting dalam berpidato.

Saat para pendengar mengerti maksud dan tujuan dari pidato kita mereka akan lebih menghargai dan mendengar saat kita berpidato

Komentar