23Jan2016

Sosialisasi SK Penetapan SMK sebagai Jejaring Kerja LSP P1 SMK

Selasa 23 Januari 2018, LSP SMK Negeri 1 Surabaya mengadakan "Sosialisasi SK Penetapan SMK sebagai jejaring kerja LSP P1 SMK" dengan mengundang 14 SMK Swasta se-Surabaya sebagai sekolah anggota pengembangan LSP P1 SMK. Undangan yang hadir yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bagian Kurikulum, Kepala Kompetensi Keahlian SMK Swasta. Menurut Kepala SMKN1 Sby, Drs.Bahrun,ST,MM, Tujuan pelaksanaan Ujian Sertifikasi Kompetensi SMK yaitu menjaring siswa SMK agar mendapat sertifikat keahlian dan legalitas dari BNSP. Adapun SMK yang jurusannya belum ada skema LSP, masih bisa menggunakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Sertifikat USK ini sangat bermanfaat bagi karir peserta didik saat mereka ingin bekerja di industri. Adapun pelaksanaan USK, pendanaan murni dari siswa. Menurut Ketua LSP SMKN 1 Surabaya, Drs. Eko Suprayitno, direncanakan Tahun 2019, 1650 SMK sudah menggunakan USK.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yaitu mengembangkan dan meningkatkan mutu sekolah-sekolah swasta minimal sudah berstandar LSP. Menurut peraturan BNSP No.1 Tahun 2017, ada 4 pilihan pola untuk pelaksanaan sertifikasi bagi lulusan SMK :


  1. Pola pelaksanaan sertifikasi oleh LSP P-1 SMK hanya untuk siswa dari SMK yang bersangkutan dan siswa SMK yang ditetapkan menjadi jejaring kerja (networking) sertifikasi kompetensinya. Jejaring kerja sertifikasi kompetensi LSP P! SMK ditetapkan oleh Direktorat Pembina SMK dan/atau Dinas Pendidikan Propinsi.
  2. Pola Pelaksanaan Sertifikasi oleh LSP P2 hanya untuk siswa dari SMK-SMK yang belum memiliki LSP P1 dan berada dalam sektor dan/atau lingkup wilayah tertentu.
  3. Pola pelaksanaan sertifikasi oleh LSP P3 hanya untuk siswa dari SMK yang memiliki kesamaan skema sertifikasi dengan LSP P3 tetapi belum memiliki LSP P1 dan LSP P2 pada wilayah tertentu.
  4. Pola pelaksanaan sertifikasi oleh Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) hanya untuk siswa SMK pada wilayah tertentu dan karena pertimbangan tertentu yang ditetapkan oleh BNSP dan Direktorat Pembina SMK dan/atau Dinas Pendidikan Propinsi.

Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjalin dan membangun kerjasama yang baik untuk pelakasanaan USK di sekolah masing-masing.

Note: Foto selengkapnya ada di Galery Foto








Komentar

Silahkan login terlebih dahulu melalui Facebook, Google atau lainnya