Struktur Organisasi


Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya telah mengembangkan dan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dan IWA 2 : 2007, dengan tujuan memberikan kepuasan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan sesuai dengan persyaratan pelanggan. Merupakan tanggung jawab manajemen untuk mengkomunikasikan Sistem Manajemen Mutu ini kepada karyawan yang mempengaruhi mutu agar dapat dipahami untuk diterapkan secara efektif dan efisien.

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dan IWA 2 : 2007 ini mempunyai 5 klausul utama yang dibangun menurut pendekatan proses yaitu:

1.     Sistem Manajemen Mutu Pendidikan

2.     Tanggung Jawab Manajemen Pendidikan

3.     Manajemen Sumber Daya Pendidikan

4.     Realisasi Layanan Pendidikan

5.     Pengukuran, Analisa dan Peningkatan Pendidikan

Pedoman Mutu ini menjelaskan semua kegiatan – kegiatan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dan IWA 2 : 2007.

Penggunaan lainnya adalah untuk memperagakan kepada semua pihak yang berkepentingan dan menginformasikan kepada mereka bahwa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya telah melakukan penerapan pengendalian untuk menjamin mutu dari produknya.


Siklus Manajemen Mutu


 Ruang Lingkup Umum


Penerapan Sistem Manajemen Mutu di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya, Jl. SMEA No. 4 Wonokromo – Surabaya, yang meliputi proses kegiatan belajar mengajar untuk bidang keahlian antara lain:

1.     Bidang Keahlian Bisnis & Manajemen

2.     Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi

3.     Bidang Keahlian Pariwisata

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya dalam melaksanaan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan IWA 2 : 2007 pada kegiatan operasionalnya tidak terdapat pengecualian dalam penerapan persyaratan / klausul layanan pendidikan.



 Pengendalian Dokumen


Pengendalian Dokumen Mutu

Tujuan pengendalian dokumen adalah memastikan bahwa dokumen Sistem Manajemen Mutu terus diperbaharui dan versi terbaru. SMK Negeri 1 Surabaya menetapkan prosedur yang terdokumentasi yaitu, untuk:

1.     Editing, tinjauan ulang dan menyetujui dokumen internal termasuk identifikasi dan status revisi

2.       Pengendalian dokumen eksternal terutama peraturan yang relevan dan terus diperbaharui

3.       Ketersediaan dokumen untuk personal organisasi

4.       Pengelolaan dan pengendalikan aturan pembelajaran dokumen-dokumen

5.       Dokumen mampu telusur pelayanan pendidikan

Verifikasi pemenuhan persyaratan pada tahap pendirian pendidikan dan pengolalaan layanan pendidikan.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya  menetapkan dokumen , pengendalian instruksi dan aktivitas pendukung. Dokumen-dokumen tersebut terkendali dengan baik.  Internal dokumen telah ditelaah dan disetujui untuk kecukupan dan kesesuaian Sistem Manajemen Mutu.

Acuan : Prosedur Mutu Pengendalian Dokumen (PM-MR-04)


Pengendalian Rekaman Mutu
 

Rekaman menyediakan informasi tentang kegiatan yang dilakukan dalam organisasi, seperti hasil yang diperoleh di setiap tahap proses pembelajaran (penyediaan pendidikan). 

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 menetapkan waktu retensi dan pembuangan rekaman yang biasanya ditentukan oleh undang-undang atau peraturan.

 

Acuan: Prosedur Pengendalian Rekaman (PM-MR-03)