(Jumat, 2/3/2018). SMKN 1 Surabaya bekerjasama dengan ISO Global mengadakan Training ISO 9001-2015 yang dihadiri oleh para Auditor dan Auditee SMKN1 Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang  ISO 9001-2015 dan bagaimana penerapannya di sekolah.  ISO 9001-2015 merupakan salah satu bagian dari Revitalisasi SMK yang saat ini dilaksanakan oleh SMK yang ditunjuk oleh Direktorat PSMK. Diharapkan program-program yang dirancang dan dimasukkan  ISO 9001-2015 mampu berdampak positif bagi sekolah dan mengarah pada kualitas kelulusan. Sebenarnya  ISO 9001-2015 hampir sama dengan  ISO 9001-2008, tetapi sedikit ada penambahan tentang Manajemen Resiko sehingga dokumen yang dibuat tidak mengerjakan dari awal.

ISO adalah lembaga internasional untuk standarisasi. maksudnya untuk memperagakan kemampuan organisasi agar taat asas dalam memberikan pelayanan yang dapat memenuhi permintaan pelanggan dan peraturan yang berlaku dengan tujuan untuk meningkatkan "kepuasan pelanggan" melalui penerapan sistem manajemen mutu yang efektif. Termasuk proses perbaikan (pengendalian) yang berkelanjutan.

Seorang pakar manajemen mutu menyebutkan beberapa manfaat real yang akan diperoleh oleh institusi pendidikan yang menerapkan standar  ISO 9001-2015 yaitu :

  1. Dokumentasi  ISO 9001-2015 akan membuat proses Kegiatan belajar mengajar (KBM) nyaman, terarah dan dapat diterima.
  2. Operasional institusi pendidikan lebih efisien, masalah mutu dapat diidentifikasi, diperbaiki dan dicegah serta kegiatan "improvement" dapat dilakukan secara sistematis.
  3.  Sistem Manajemen Mutu memberikan penjabaran yang jelas terhadap hak dan kewajiban siswa, pengajar maupun staf.
  4. Audit yang dilakukan oleh Badan sertifikasi independen menghadirkan perspektif eksternal yang lebih objektif. Hal ini membuka peluang adanya peningkatan mutu.
  5. Kemudahan dalam proses pemasaran dan Akreditasi.

Note: Foto selengkapnya ada di Galery