Surabaya – Keluarga besar SMK Negeri 1 Surabaya, menggelar halal bil halal bersama seluruh guru dan tenaga pendidik, serta para guru yang telah purnatugas, minggu 21 April 2024 Bertajuk Menjalin Ukhuwa, Menebar Hikmah dan Memperkuat Silahturahim. Halal Bi Halal ini sekaligus bertepatan dengan Hari Kartini.

Saat halal bil halal-Hari Kartini tersebut langsung dipimpin oleh Kepala SMK Negeri 1 Surabaya Bapak Dr. Drs. Anton Sujarwo, Mpd. Dalam sambutannya dirinya menjelaskan tentang hikmah halal bil halal merupakan tradisi kebaikan muslim Indonesia setelah ramadhan dan Idul Fitri, untuk saling memaafkan antara satu dengan yang lain.

Dalam kacamata Islam, halal bi halal bertujuan menghormati sesama manusia dalam bingkai silaturahim. Bahkan melalui halal bil halal ini harapannya dapat membangun kebersamaan untuk menggapai kesuksesan.

Disela-sela kata sambutannya Anton, menuturkan halal bil halal dan silaturahmi adalah saling berkaitan khususnya di bulan Syawal sebagai bulan peningkatan ketakwaan dalam implementasi belajar dan sukses dalam meraih masa depan.

“Bapak ibu guru mohon doanya, agar anak-anak kita yang telah diterima di SNBP sebanyak 63 siswa berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

“Sementara 10 siswa kita juga mulai Senin-Kamis (22-25 April 2024), akan berkompetisi dalam lomba LKS di Madiun. Semoga mereka bisa berhasil dan menjadi duta-duta Jawa Timur di Tingkat Nasional yang akan dilaksanakana di Provinsi Lampung,” tambahnya.

Lebih lanjut Anton memaparkan mulai tahun ajaran baru jurusan Perhotelan akan menjadi SMK PK, yang  merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud pada tahun 2021 ini.

“Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja,” terangnya.

“Selain itu, melalui program SMK PK ini juga diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri,” tutupnya.