BKK adalah Bursa Kerja Khusus yang berada di sekolah khusnya sekolah kejuruan. adapun tujuan dari BKK adalah : sebagai wadah dalam mempertemukan tamatan dengan pencari kerja, Memberikan layanan kepada tamatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing seksi yang ada dalam BKK; Sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja; Sebagai wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan melalui pelatihan.

Rapat BKK yang dilaksanakan Tanggal 08 Februari 2017 yang membahas tentang pembentukan forum BKK. Rapat ini beranggotakan beberapa kota wilayah kerja 1 yaitu Kota Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Bangkalan, Lamongan. Rapat BKK ini bertempat di SMKN 1 Surabaya, karena kepala sekolah SMKN 1 Surabaya yaitu Drs.Bahrun ST.MM adalah ketua MKKS Se-Jawa timur. MKKS sendiri adalah paguyuban kepala sekolah. “BKK adalah bursa kerja khusus terutama yang berada di daerah tersebut yang tujuannya untuk mempermudah alumni, khususnya alumni dari SMK di daerah-daerah tersebut untuk mendapat pekerjaan”, ujar Dra.Riantasih Indriatni S.Pd sebagai Waka Hubinmas.

Jumlah undangan sebenarnya adalah 30 kepala sekolah dan 30 ketua BKK dari sekolah yang diundang. SMKN 1 Surabaya merupakan pusat sekretariat yang menjadi pusat informasi tentang lowongan – lowongan pekerjaaan.

            “Tidak ada perselisihan pedapat namun yang ada adalah saling memberi masukan dan saran untuk mencari solusi apabila terjadi persoalan di wilayah masing-masing,” komentar bapak I Putu Gede Darmazatmika selaku ketua BKK SMKN 7 Surabaya