Ekskul karawitan merupakan salah satu ekstrakurikuler yang terdapat di SMK Negeri 1 Surabaya. Ekskul ini diikuti oleh belasan siswa dari berbagai jurusan. Rajendra, ketua dari ekskul karawitan menuturkan, dalam ekskul ini dipelajari dua nada, yaitu slendro dan pelog yang kemudian berlanjut pada pembelajaran tentang lancaran, langgam, ladrang, iringan wayang, dan ketoprak. Ekskul karawitan  dilakukan di ruang E 103 A, tepatnya di samping koperasi sekolah.

“Kadang karawitan juga kolaborasi sama ekskul band, dan itu dinamakan campursari. Biasanya Campursari ini dipentaskan pada kegiatan yang diadakan dinas-dinas maupun acara lainnya.” Ungkap Rajendra.

Ekskul karawitan ini sudah pernah mengikuti beberapa lomba, seperti saat di Cito Mal. Kelompok ekskul karawitan ini mengikuti festival gamelan se-Jawa Timur yang diikuti Kota Surabaya, Blitar, Pasuruan, dan sekitarnya. Kecuali itu, ekskul ini juga pernah mengikuti festival ludruk se-Jawa Timur di tempat yang sama dan oleh  penyelenggara yang sama. Pada festival ludruk ini, karawitan SMK Negeri 1 Surabaya mendapatkan juara harapan satu.

Dituturkan juga oleh Rakha, salah satu anggota Karawitan, bahwa dibutuhkan waktu selama kurang lebih satu bulan untuk berlatih tergantung dari informasi lomba yang diberikan. Ia juga menuturkan bahwa pernah ada lomba dengan info yang sedikit terlambat. Info yang mendadak itu membuat anggota karawitan harus berlatih lebih rutin dan dengan jadwal padat.

Tidak perlu kriteria atau syarat khusus untuk turut bergabung dalam ekskul karawitan ini, bahkan guru-guru pun ada yang turut bergabung untuk belajar karawitan dalam ekskul ini.

“Sebagai anak Indonesia terutama di lingkup Jawa, harusnya ikut melestarikan budaya Jawa, agar lestari sampai anak cucu kita.” Tutur Rajendra.

 

Reporter :

Khenet Jehuda J. H. - 10 PSPT 1

Malikha Naia D. - 10 PSPT 2

Rahel Fidelia - 10 PSPT 3