SMK Negeri 1 Surabaya menggandeng ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam atau SKI dalam mengadakan acara tahunan sekolah, yakni Maulid Nabi. Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Surabaya ini berlangsung selama selama dua hari, tanggal 20-21 September 2023 dan dilaksanakan di sekolah SMK Negeri 1 Surabaya, di dua area yang berbeda. 

Pada hari Rabu, 20 September 2023, kegiatan yang dilakukan adalah perlombaan, diadakan oleh SKI di dalam aula SMK Negeri 1 Surabaya. Nama- nama perlombaan ini unik dan menarik, antara lain GENO (Genzies Islamic Fashion Show), ISCAL (Islamic Vocalize), dan MACO (Maulid Discourse). Peserta perlombaan berasal dari siswa-siswi kelas 10, 11 dan 12. 

Puncak kegiatan peringatan Maulid Nabi adalah pada hari Kamis, 21 September 2023. Kegiatan ini dihadiri mulai dari siswa-siswi, bapak dan ibu guru, juga staff sekolah SMK Negeri 1 Surabaya dengan mengenakan busana muslim.

 

Peringatan Maulid Nabi 2023 Peringatan Maulid Nabi 2023

 

Kegiatan dimulai sejak pagi dan dibuka oleh penampilan banjari, dilanjutkan dengan tampilan qiroah, tartil, dan hadrah oleh perwakilan siswa dan berlangsung dengan khidmat.

Sambutan diberikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Surabaya, Dr. Anton Sujarwo M.Pd. Diharapkan oleh Dr. Anton Sujarwo M.Pd. acara peringatan Maulid Nabi tahun 2023 ini berlangsung sukses dan memberikan manfaat kepada seluruh siswa yang hadir. Sambutan dilanjutkan oleh pembina SKI dan ketua panitia pelaksana. 

Puncak kemeriahan pada acara Maulid Nabi tahun 2023 ini terlihat dari antusiasme siswa ketika Al Habib Haidar bin Hasan Ba'agil dan Agus Eko Prastiyo selaku pengasuh Majelis Madinah Darul Musthofa hadir mengisi acara. Al Habib Haidar bin Hasan dalam tausiyahnya menyampaikan, "Ilmu adalah jalan penghubung antara kita umat manusia dan akhirat, berproses dan selalu menjaga salat dari titik paling sedikit sekalipun."

Inisiatif siswa yang mengibarkan spanduk dengan berbagai lambang majelis hingga logo jurusan, menambah kesan khidmat ketika lantunan sholawat dengan iringan hadrah Al-Barkah Surabaya berkumandang.

Pengundian dorprize berupa voucher belanja juga dihadirkan di sela-sela rangkaian kegiatan. Pembagian berbagai jenis  kue hingga buah-buahan seperti buah salak dan pisang kepada peserta membuat suasana meriah dan mencerminkan eratnya  kekeluargaan di SMKN 1 Surabaya. 

Antusiasme demi turut berpartisipasi dalam merayakan Maulid Nabi kali itu tidak hanya berasal dari peserta saja, tetapi juga dapat dilihat dari giatnya hadrah SMK Negeri 1 Surabaya yang berlatih rutin demi kelancaran saat tampil.

Ketua panitia pelaksana acara Maulid Nabi SMK Negeri 1 Surabaya, Azra Alya Nafisa Sahid mengungkapkan bahwa kegiatan telah berjalan dengan baik dan lancar. "Untuk ke depannya mungkin hanya perlu sedikit perbaikan saja," tandasnya.

 

Reporter:

1. Tyaga Dahayu, X PSPT 3

2. Muchammad Daffa Rasya Aditya, X PSPT 3

3. Septian Adi Nugroho, X PSPT 3

4. Muhammad Bagas Zakarya Setiawan, X DKV 2