Palang Merah Remaja (PMR) SMK Negeri 1 Surabaya menggelar aksi Donor Darah. Kegiatan ini sebagai salah satu program kerja rutin dari PMR. Dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Surabaya pada Rabu, 18 Oktober 2023, kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya.

Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari guru, karyawan dan siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Beberapa dari peserta sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan ada juga yang baru pertama kali mendonorkan darahnya.

“Ini merupakan pengalaman pertama saya mendonorkan darah. Awalnya saya ikut karena terpaksa oleh ajakan teman, namun setelah mengikuti prosesnya menurut saya ini kegiatan yang bagus untuk dilakukan secara rutin. Selain itu saya juga jadi tau golongan darah dan kondisi darah saya apakah terdapat penyakit atau sehat” ujar Aldino Gemilang, pendonor yang merupakan siswa SMK Negeri 1 Surabaya.

Donor Darah SMK Negeri 1 Surabaya Donor Darah SMK Negeri 1 Surabaya

Memiliki tubuh sehat secara jasmani merupakan syarat utama bagi pendonor, mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang. Setiap pendonor akan melalui tahap cek kesehatan oleh dokter. Jika memang ditemukan pendonor tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis maka pendonor tidak dapat melanjutkan donor darah. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi dan mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah.