(14/10) Seluruh siswa datang untuk merayakan ulang tahun SMK Negeri 1 Surabaya yang ke-73. Sebelum puncak acara yang  dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober kemarin, ada serangkaian acara yang dilaksanakan seperti bakti sosial (11/10), istighosah bersama (12/10), dan juga jalan sehat (13/10).

 

Acara istigosah terlaksana dengan meriah. Acara dibuka dengan tampilan banjari dan dilanjutkan  dengan hadrah dari ekstrakurikuler SKI. Penyambutan pembukaan disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Surabaya, Dr. Drs. Anton Sujarwo, M.Pd dengan mengucap terima kasih kepada warga sekolah atas 73 tahunnya. Acara pun berlanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Quran surah Ibrahim ayat 6 – 8 oleh Syamhadi dari kelas 10 MP 4 yang merupakan anggota SKI.

Acara berikutnya adalah  Khotmil Quran yang diikuti oleh seluruh hadirin yang berada di area. Selepas Khotmil Quran dilanjutkan potong tumpeng, dilakukan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Surabaya. Acara berikutnya adalah ceramah dari Drs. KH. Much. Imam Chambali dengan topik  “Kejujuran, Keimanan, serta Ciri-ciri Orang Munafik” yang kemudian diakhiri dengan undian dan salat  berjamaah.

Kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan juga berkesan. Peserta jalan sehat bergerak memutari area sekitar sekolah sambil menyapa warga sekitar. Jalan sehat ini dimulai pukul 06.30 hingga pukul 08.00. Rasa lelah karena jalan sehat mulai terganti kegembiraan ketika undian dengan hadiah utama sepeda lipat dibacakan. Antusiasme siswa-siswi terasa mengisi lapangan indoor. 

Konser Diesnatalis sudah mulai open gate pukul 08.00 hingga 10.00, di atas itu murid tidak dapat memasuki area konser. Panitia juga melakukan pengecekan tas yang dibawa oleh para murid seperti parfum, alat rekam, makanan dan minuman dari luar, juga senjata tajam demi menghindari hal yang tidak diinginkan selama konser berlangsung. Sebelum siswa memasuki area konser, siswa dapat mengunjungi stand-stand bazar yang menyajikan berbagai makanan, mulai dari camilan sampai makanan berat. Ada juga photo booth dengan background coklat yang menjadi tema dari Diesnatalis Evolusync ke-73. Pengunjung konser juga bisa menyaksikan "pojok bahasa" yang diadakan oleh seluruh ekstrakurikuler bahasa seperti ekstrakulikuler Bahasa Jerman, Inggris, Jepang, dan Mandarin.

 

Acara puncak yang memasang tema "vintage underground" ini menyajikan penampilan dari banyak ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Surabaya, seperti Karawitan dan Ludruk dari guru-guru, teater, dance, band, dan juga cheerleaders. Bahkan, anak-anak dari suporter SMEASMANIA juga turut menjadi penampil sambutan pertama. Semu penampilan ekskul ditonton dengan antusias oleh seluruh warga SMK Negeri 1 Surabaya.

 

Tibalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh warga smeas, yaitu penampilan dari guest star utama yaitu UTOPIA. UTOPIA yang memiliki personil tiga orang ini membawakan beberapa lagu ciptaannya, seperti Baby Doll, Antara Ada dan Tiada, Hujan, dan masih banyak lagi. Konser usai pada pukul 17.00. Seluruh penonton meninggalkan area konser dengan wajah bahagia.

Reporter: tim ekskul jurnalistik.