Sudah menjadi suatu kebiasaan saat ini bahwa pada tanggal 17 Agustus 2017, perayaan hari ulang tahun kemerdekaan tanah air dirayakan dengan menyajikan nasi tumpeng bagi Bapak dan Ibu Guru, Staf, Tata Usaha setelah melaksanakan Upacara Bendera 17 Agustus 2017 . Saat Bapak Kepala sekolah Drs. Bahrun ST.MM memotong nasi tumpeng yang tersaji dan di berikan ke Bu Sari guru senior yang memasuki masa pensiun, hal tersebut bisa menjadi suatu simbol atau makna tersendiri, apalagi nasi tumpeng merupakan masakan tradisional Indonesia yang sudah lama ada jadi dirasa memang sangat pas untuk digunakan sebagai konsumsi pada acara kemerdekaan bangsa seperti ini.

 Mengapa harus nasi tumpeng 17 Agustusan?

Untuk memeriahkan acara kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2017 akan sangat cocok jika menghidangkan kreasi nasi tumpeng modern. Mengapa harus nasi tumpeng untuk merayakan kemerdekaan RI khususnya di tahun 2017 ini yang bertepatan dengan ulang tahun ke-72 tahun bangsa kita?

  • Nasi tumpeng adalah masakan tradisional yang memiliki cita rasa serta ciri khas dari bangsa Indonesia yang juga dikenal di dunia.
  • Nasi tumpeng memilik banyak makna simbolis dan historis sehingga pas untuk merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia.
  • Nasi tumpeng mempunyai banyak kreasi menari dari bentuk kerucut tradisional sampai dengan nasi tumpeng 17 Agustusan modern dengan berbagai model.
  • Nasi tumpeng bahkan sering dijadikan tema acara lomba memasak di berbagai macam daerah serta kampung, oleh karena itu wajar jika menghidangkan nasi tumpeng juga untuk konsumsi acara HUT RI.
  • Nasi tumpeng dapat dihiasi secara mudah dan gampang untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada bangsa ini.
  • Nasi tumpeng ada yang tersedia merah putih, selain warna-warna tradisional seperti nasi tumpeng kuning, hijau, dan putih. Warna nasi tumpeng 17 Agustusan merah putih dapat menjadi lambang dari bendera bangsa Indonesia.
  • Nasi tumpeng dapat disajikan untuk memenuhi langsung jumlah porsi yang banyak para tamu yang datang, daripada harus repot-repot menyajikan nasi kotak.
  • Nasi tumpeng kelihatan penuh dengan berbagai macam lauk pauk sehingga siapa saja yang melihatnya akan naik selera makan, apalagi bentuk nasi tumpeng elegan dan kelihatan mahal meski aslinya terjangkau.
  • Nasi tumpeng memiliki cita rasa Indonesia yang khas sehingga banyak orang yang pasti menyukainya, apalagi dilengkapi macam-macam lauk pauk nasi tumpeng 17 Agustusan. Nasi tumpeng cocok di lidah orang dewasa dan juga anak-anak.

Itulah tadi berbagai macam alasan mengapa Anda harus menyajikan kreasi nasi tumpeng untuk acara kemerdekaan Indonesia. Memang nasi tumpeng sendiri sudah sering disajikan untuk berbagai macam acara.