Pengarahan dari Polsek, kwarcab, Waka Kesiswaan menambah semangat peserta Diklat Calon Penegak Pramuka SMKN1 surabaya, Api unggun menambah semarak dan menghilangkan hawa dingin di lapangan SMKN1 surabaya.

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.

Pramuka Penegak sebagai bagian dari generasi muda Indonesia merupakan aset penting yang dapat bermanfaat dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa. Guna mempersiapkan kader – kader pemimpin bangsa yang taqwa, cerdas dan tangguh di masa depan maka Pramuka Penegak harus senantiasa berusaha membekali diri dengan ketrampilan kepemimpinan, manajerial serta berbudi pekerti yang luhur dan diliputi semangat patriotisme yang tinggi.

Pramuka Penegak diberi kesempatan untuk mendapatkan bekal dan pengalaman guna membentuk watak dan karakter sebagai calon pemimpin bangsa melalui pendidikan dan pelatihan yang diikutinya. Oleh karena itu, Gerakan Pramuka menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan secara berkala dan berkesinambungan sebagai satu tatanan sistem pendidikan yang berkelanjutan.

Sistem Pendidikan dan Pelatihan bagi Pramuka Penegak perlu ditinjau secara berkala agar dapat disesuaikan dengan perkembangan terbaru sehingga Pramuka Penegak  siap untuk menerapkan kemampuan, ketrampilan dan kecakapannya dalam masyarakat.