Apa itu IoT ?

Internet of Things atau yang sering kita sebut IOT adalah sebuah konsep yang memiliki tujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Melalui internet, kita bisa melakukan berbagi data, remote control, dan berbagai hal.­

Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya. Banyak yang memprediksi bahwa pengaruh Internet of Things adalah “the next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa digali. Contoh sederhana manfaat dan implementasi dari Internet of Things misalnya adalah kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi.

Telkom University Bandung mengadakan even IoT Competition 2017 yang merupakan kompetisi resmi tingkat nasional yang akan mengkompetisikan berbagai bidang teknologi yang meliputi teknologi dalam bidang kesehatan, home automation, smart city, transportasi, pertanian, bencana, logistik dan pariwisata. Event ini berskala Nasional yang menjadi ajang pertemuan antara peneliti ataupun akademisi baik dari Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan, untuk memberdayakan kontribusi mereka dalam berbagai bidang teknologi menuju dunia yang lebih baik.

SMK Negeri 1 Surabaya mengirimkan 3 Tim yang mana mereka lolos tahap seleksi dan masuk final. Hasil karya mereka harus ditandingkan dengan Finalis dari sekolah lain. Adapun 3 Tim tersebut adalah :

No.  Nama Tim     Nama Siswa      Kelas     Pembimbing

 

1.    Amateur Student  M. Andhika Prasetya    XII TKJ 2   Yektiono,S.ST M.Pd

             M. Ihwanul Iqbal       XII TKJ 2

             M. Muhajirin Ida Ilyas    XII MM 2

 

2.   As Shiyam     Ronny Febrianto      XII TKJ 2      Suratman,S.ST   

             Irwan Rozak        XII TKJ 2

             M. Taqiyuddin Amri     XII TKJ 2

 

3.   Flinstone       Rendy Ananta       XII RPL 2   Lukman Sholeh,S.Kom

             Nizar Alfarizi. A       XI RPL 2

             M. Rizki Hidayat      XI MM 2

             
Adapun Penjelasan Produknya Sebagai berikut :

Tim Amateur Student
membuat produk yang bernama Intelligent System Home Controlling. Alat ini memiliki banyak fungsi antara lain Lamp Control ( Mengendalikan Lampu jarak jauh),Automatic Clothesline ( Jemuran pakaian akan otomatis masuk dan keluar sesuai cuaca), Smart Door System (System pengunci pintu otomatis), Humidity Sensor ( Mengontrol kondisi suhu rumah), Status Monitoring ( Mengawasi jarak jauh kondisi rumah), Guest Handler ( Petunjuk bagi tamu/kurir jika pemilik rumah tidak di tempat). Alat ini Dilengkapi dengan fitur website monitoring melalui Smartphone dan PC (Internet).

Tim As Shiyam membuat produk yang bernama "Alat penyiram dan penerang otomatis pada kebun berbasis sensor ". Alat ini berguna untuk membantu pekerjaan manusia dalam meyiram dan menerangi tanaman secara otomatis. Dilengkapi dengan fitur website monitoring melalui Smartphone dan PC (Internet).

Tim Flinstone membuat produk yang bernama "Automasi Metoda Tanam Hidroponik". Alat ini bermanfaat bagi dunia pertanian khususnya hidroponik. Fitur yang terdapat di alat ini yaitu irigasi Otomatis yang dilengkapi dengan pengairan pupuk Otomatis, Pemantauan RealTime ( bisa dipantau dimana saja bisa menggunakan Smartphone dan PC), Notifikasi (Pesan Singkat bagi user agar tidak lupa memantau tanamannya), Pencahayaan Otomatis, Penyesuaian temperatur baik manual ataupun otomatis.  

Kriteria Penilaian Lomba IoT sebagai berikut:

  1. Kesesuaian Tema
  2. Kemampuan Presentasi
  3. Demo Aplikasi
  4. Teknologi yang digunakan
  5. Kreativitas
  6. Prospek Implementasi di Masyarakat (manfaat aplikasi)

Akhirnya, dengan tekad dan kerja keras selama ini, Tim As Shiyam mendapatkan Juara 3  Nasional kategori SMA/SMK tahun 2017. Produk-produk yang ditampilkan semua peserta pada lomba tahun ini sangat "awesome" (luar biasa) semua. Semoga tahun depan dapat mengirim tim dan produk yang lebih bagus lagi dan mendapat hasil yang lebih baik lagi. Amiin.... Bravo Semkanisa !!!

Note: Foto selengkapnya ada di Galeri Foto