Ungkapan bijak tersebut akan selalu bersangkut-paut serta terus ada sepanjang masa dalam setiap lembaran sejarah yang kita simak dari perjalanan bangsa ini. Dan tentu saja kita ingat dari apa yang telah kita pelajari melalui sekolah ataupun dari buku-buku sejarah yang kita baca mengenai pengorbanan dan perjuangan yang sudah pahlawan berikan demi terwujudnya kemerdekaan Negara kita tercinta. Namun, zaman terus bergerak dan berubah sehingga pengorbanan dan perjuangannya pun pasti berbeda dengan waktu penjajahan dahulu.

            Kita semua pasti ingin bangsa ini menjadi bangsa yang besar maka dari itu kita semua wajib menghargai jasa-jasa dari pahlawan kita. Menumbuhkembangkan karakter bangsa yang besar dapat terlaksana dengan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan seperti semangat pantang menyerah, rela berkorban bagi bangsa dan menjungjung tinggi rasa solidaritas serta sportivitas. Dan oleh sebab itu, kita perlu untuk mengadakan peringatan tersebut dengan harapan generasi muda dapat menghargai jasa para pahlawan dengan ikut berpatisipasi dalam kegiatan ini.

            Sebagai wujud rasa syukur terhadap Allah SWT melalui kegiatan pementasan Drama KOlosal diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada para generasi penerus bahwa semangat juang para pendahulu dan pendiri bangsa ini  dapat diteladani dan diterapkan pada masa kini dalam bentuk perjuangan lain